Review Film Resident Evil : Resident Evil Infinite Darkness

Siapa yang tidak mengetahui franchise yang satu ini, yatu Resident Evil. Resident Evil merupakan game yang bergenre action horror yang menjadi game dengan banyak penggemar dari rilisan game pertamanya.

Tidak hanya di game, Resident Evil juga merilis beberapa film yang berhubungan dengan gamenya. Salah satunya adalah serial original dari Netflix yaitu Resident Evil Infinite Darkness.

Resident Evil Infinite Darkness dirilis pada tanggal 8 Juli 2021 spesial di platform berbayar Netflix. Serial ini dibuat dengan animasi 3DCG (animasi grafis komputer tiga dimensi).

Serial ini dibagi menjadi 4 episode. Dalam serial ini, akan dihadirkan 2 karakter ikonik dari franchise Resident Evil yaitu Leon Scott Kennedy dan Claire Redfield.

Diawali dengan suatu insiden yang terdapat di suatu tempat dimana operasi pasukan khusus Amerika Serikat yang sedang beroperasi.

Salah satu helikopter pasukan tersebut jatuh dan pasukan lain berinisiatif untuk melanggar aturan dan melakukan pendaratan untuk melakukan misi penyelamatan.

Namun misi tersebut menjadi kacau karena warga lokal yang memerangin pasukan khusus tersebut.

Setelah itu, waktu langsung melompat dimana tempat terjadinya peperangan tersebut dimasa saat ini. Claire Redfield yang sedang melakukan bakti sosial di lokasi tersebut.

Claire bertemu anak yang bisu dan berusaha menghiburnya. Anak tersebut akhirnya menunjukan sebuah gambar yang digambarnya sendiri kepada Claire.

Claire sejenak terkejut melihat gambar tersebut dan dia bertanya apakah yang digambar tersebut benar-benar terjadi.

Si anak mengiyakan dan menunjukan bahwa gambar tersebut ia gambar sesuai dengan apa yang dia lihat pada saat itu.

Kemudian waktu melompat lagi dan berlatar di Gedung Putih Amerika Serikat, dimana sudah terkumpul 3 orang yang akan bertemu dengan presiden.

Ketiga orang tersebut merupakan agen yang sudah terlatih unutk menjalankan misi yang akan diberikan oleh presiden sendiri.

Pada saat mereka bertemu dengan presiden, seketika listrik di Gedung Putih mati. Saat itu juga, Presiden dituntun ke tempat yang aman dan ketiga agen tersebut menyelidiki apa yang sedang terjadi di Gedung Putih.

Saat sedang melakukan penyelidikan, seorang agen bertemu dengan salah satu orang penting yang sangat kesakitan.

Dia mencoba menyelamatkan orang tersebut, namun orang tersebut malah menyerangnya dan akhirnya berubah menjadi zombie.

Agen itu terlihat sangat bingung dan tidak bisa membunuh zombie tersebut sehingga membuat dirinya hampir terbunuh.

Namun seseorang berhasil menyelamatkan agen tersebut. Seseorang itu tak lain dan tak bukan adalah agen keempat, Leon Scott Kennedy.

Dengan kedatangan seorang profesional, Leon, misi penyelamatan presiden berhasil dilakukan. Pada keesokan harinya, presiden melakukan penyelidikan apa yang sebenarnya sedang terjadi.

Saat itu, Claire Redfield berada di Gedung Putih untuk bertemu dengan seorang juru bicara. Namun pihak dari Gedung Putih mengatakan pada Claire bahwa juru bicara tersebut sedang cuti. Padahal juru bicara tersebut sudah mati dan pihak Gedung Putih menutupi kejadian yang terjadi malamnya.

Kemudian Claire bertemu dengan Leon dan menunjukan gambar anak kecil yang dibawanya. Claire berusaha mengungkapkan kebenaran di balik gambar buatan anak kecil yang menunjukan serangan zombie tersebut.

Sedangkan Leon bertugas untuk menginvestigasi apa yang sedang terjadi di Gedung Putih. Leon dikirim ke suatu tempat untuk melakukan investigasi lebih lanjut bersama kedua agen dan salah satu agen bertugas menjaga presiden.

Namun saat melakukan perjalanan misi tersebut, kendaraan yang ditumpangi Leon mengalami kecelakaan sehingga membuatnya harus pergi ke tempat lain.

Setelah itu Leon menemukan sebuah misteri baru dan mengubah rencana investigasi nya. Sementara itu, Claire yang menyelidiki juga secara mandiri menemukan beberapa petunjuk yang membuatnya masuk ke situasi yang berbahaya.

Leon dan Claire akhirnya menemukan benang merah yang menghubungkan hasil investigasi mereka masing-masing dimana itu memang saling berhubungan satu sama lain.

Dari segi plot dan cerita, Resident Evil Infinite Darkness memiliki alur yang cukup menarik dengan sedikit fast phase. Animasi yang digunakan juga cukup rapi serta cinematography yang cukup oke membuat serial film ini dieksekusi dengan cukup baik.

Dan terdapat beberapa easter egg pada serial ini yang berasal dari game nya. Namun, untuk menonton serial film ini tidak perlu mengetahui seluruh alur cerita gamenya. Film ini bisa dinikmati juga bagi orang yang baru mengikuti franchise Resident Evil.